Kamis, 21 April 2011

Semoga itu baik, Insya Allah...

Ada seorang raja yang setiap pergi berburu selalu ditemani oleh seorang sahabatnya yang terkenal dengan ketaqwaan. Tiap kali raja menemui sesuatu yg tidak mengenakkan, sahabatnya selalu berkata, "Semoga itu baik, insya Allah."
Kata-kata ini selalu diulangi pada setiap kejadian yang secara terlihat adalah kejadian buruk. Pada suatu hari saat sang raja berburu bersama sahabatnya ditemani oleh pengawalnya, jari raja terkena tombak hingga terpotong. Darah pun mengucur. Si sahabat berkata, "Semoga itu baik, insya Allah."

Kali ini sang Raja begitu marah mendengar ucapan tersebut dan memerintahkan pengawalnya untuk memenjarakan sahabatnya tersebut. Saat pengawal ditanya, "Apa yg dikatakannya saat kalian menutup pintu penjara?"
Pengawal menjawab, "Ia hanya mengatakan, Semoga ini baik, insya Allah"

Suatu ketika saat raja pergi berburu. Kali ini tanpa ditemani oleh sahabatnya karena sahabatnya berada dalam penjara. Ia kemudian terpisah dari rombongan dan tersesat di hutan. Sedangkan di hutan tersebut terdapat suku yg menyembah berhala dan setiap tahun mengorbankan seorang manusia kepada berhalanya tersebut. Raja pun ditangkap oleh suku tersebut.  Namun, saat diperiksa didapati bahwa jari raja tidak lengkap. Mereka pun menolak mengorbankannya, karena korban harus dalam kondisi yang sempurna. Raja lalu dilepas dan ia kembali ke istana.

Akhirnya dia menyadari kebenaran ucapan sahabatnya. Sahabatnya pun dikeluarkan dari penjara. Raja bertanya, "Ketika engkau mengatakan,'Semoga itu baik, insya Allah." Saat jariku terpotong, aku menyadari bahwa kebaikan itu adalah aku tidak jadi disembelih untuk berhala karena fisikku tdk sempurna. Sekarang saat engkau dipenjara, apakah kebaikan itu?"

Ia menjawab, "Andaikata saat itu saya bersamamu, maka mereka akan menyembelih saya sebagai penggantimu"

***

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu boleh
jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah Maha
Mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui"
(QS.Al-Baqarah:216)

Kunjungi blog saya : http://si-noop.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar